Ban Mobil Pecah

Penyebab Mobil Limbung dan Cara Mengatasinya

Automilenia.com – Pernah mengendarai mobil dan mendadak mobil limbung saat perjalanan berlangsung? Limbung atau oleng yang terjadi pada mobil saat sedang berjalan adalah hal yang cukup berbahaya, apalagi bagi para pengendara pemula. Penyebab mobil limbung harus diketahui agar kamu dapat segera melakukan penanganan jika hal ini terjadi pada mobilmu.

Limbung juga biasanya tergantung pada tingkat karakter bodi mobil. Bus dan truk yang tinggi tentunya lebih banyak berpotensi mengalami limbung saat di jalan dibandingkan dengan mobil sedan yang mungil dan ceper.

Namun bukan berarti mobil berbodi kecil aman dari limbung yang membahayakan. Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor terjadinya limbung atau tergulingnya mobil saat berjalan. Jadi, apa saja sebenarnya yang menyebabkan limbung pada mobil? Ini dia jawabannya.

Penyebab Mobil Limbung dan Cara Mengatasinya

Ban Mobil Pecah

1. Shorb Absorber yang Lemah

Penyebab mobil limbung yang pertama adalah shorb absorber yang lemah. Shorb absorber adalah komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meminimalisir gerakan mobil saat melewati area yang tidak rata. Jika shorb absorber melemah, maka gerakan osilasi mobil akan sulit diminimalisir dan menimbulkan getaran yang cukup kuat sehingga menyebabkan limbung pada mobil.

2. Ban Kekurangan Tekanan Angin

Tekanan angin yang kurang pada ban tentunya akan mempengaruhi gerakan mobil yang lambat dan daya cengkram mobil saat berjalan. Hal ini yang akhirnya mengakibatkan mobil limbung akibat susahnya ban dalam mengatur keseimbangan. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik dan siap pakai. Lakukan pengisian angin pada bengkel atau SPBU untuk menghindari terjadinya limbung saat di perjalanan.

3. Adanya Deformasi pada Suspensi

Deformasi atau perubahan bentuk pada sistem suspensi merupakan faktor lain yang menjadi penyebab mobil limbung. Beberapa komponen yang mengalami kerusakan seperti stabilizer ban yang tertekuk atau shorb absorber yang rusak, tentunya akan menimbulkan perubahan pada sistem kemudi dan dapat menyebabkan limbung. Melakukan perawatan dan perbaikan rutin ke bengkel resmi tentunya akan sangat membantu untuk menghindarkan mobil dari kerusakan yang berarti.

4. Kerusakan pada Karet Bushing Suspensi

Penyebab lain mobil limbung adalah karet bushing yang rusak dapat menyebabkan perubahan pada sistem kemudi, seperti sudut camber dan caster. Hal ini cukup berbahaya, karena pergeseran yang terus terjadi saat mobil sedang berjalan, akan mengakibatkan mobil limbung tanpa dapat dihindarkan.

Baca juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Mobil limbung

Selain empat hal yang menjadi penyebab mobil limbung di atas, kamu juga perlu tahu, bagaimana cara mengatasinya agar tidak panik dan limbung dapat dihindari dengan baik.

Berikut hal yang perlu kamu lakukan jika mobilmu mengalami limbung saat berjalan, antara lain:

1. Cek Kondisi Mesin

Jika ada kerusakan pada mesin, segera lakukan penggantian pada komponen yang rusak dan bermasalah. Periksalah bagian-bagian mesin seperti busi, filter udara, maupun shorb absorber dengan tenang tanpa panik agar masalah cepat terselesaikan dan  mobil dapat kembali berjalan dengan baik. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pengecekan pada volume bahan bakar agar tidak kehabisan saat perjalanan berlangsung.

2. Pastikan ban dalam Kondisi Baik dan Aman

Lakukan pengecekan pada ban dan poros roda sebelum mobil siap untuk dijalankan. Lakukan perawatan dan perbaikan berkala di bengkel resmi agar kerusakan yang ada pada mobil dapat diketahui jauh hari sebelum terlambat. Hal ini dapat sangat membahayakan jika mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca juga : Penyebab Mobil Overhead dan Cara Mengatasinya

3. Jaga Performa Rem

Rem yang terlalu panas juga dapat membahayakan jika tetap dibiarkan tanpa penanganan.  Jika hal ini terjadi, segeralah bawa mobilmu ke bengkel-bengkel resmi terdekat untuk segera diganti, agar mobil terhindar dari limbung. Hal utama yang menyebabkan rem panas adalah beban mobil yang terlalu berat sehingga menyebabkan perubahan bentuk pada rotor.

4. Gunakan ban dengan Ukuran Besar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mobil yang menggunakan ban berukuran besar akan dapat menimbulkan kestabilan kemudi, sebab semakin besar ban yang digunakan, maka semakin kuat pula daya cengkram dan keseimbangan mobil saat harus menyentuh permukaan lintasan yang dilaluinya.

5. Servis dan ganti Bushing

Cara lain untuk mengatasi penyebab mobil limbung yaitu lakukan penggantian bushing secara berkala dengan melakukan pengecekan di bengkel terdekat. Di toko-toko onderdil pun, Bushing sangat mudah ditemukan. Kini tersedia juga bushing dengan bahan polyurethane, bahan sintetis yang tahan lama. Bushing yang rusak akan menimbulkan limbung pada mobil. Hindari jalanan yang berlubang dan rusak, untuk menghindari terjadinya kerusakan pada bushing. Sebab salah satu fungsi bushing adalah menopang alat suspensi lainnya agar tidak terjadi limbung saat mobil sedang berjalan.

Itulah tadi beberapa penyebab mobil limbung dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya tips ini dapat membantumu untuk menghindarkan mobil dari limbung atau terguling yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat, ya!

Pencarian populer di automilenia.com :

Agar mobil tidak LimbungARTINYA LIMBUNG PADA MOBIL BERJALAN CEPAT JADI LIMBUNGcara membuat mobil agar tidak limbungpenyebab truk limbung