Kompresi Mesin
Kompresi Mesin (motorblitz.com)

Penyebab Motor Mati Total dan Cara Mengatasinya

Automilenia.com РMotor yang sering kita gunakan tidak selamanya dalam kondisi fit, terkadang mengalami masalah seperti mesin mati total atau mogok, hal ini perlu kita fikirkan dengan banyak cara, diataranya: service secara teratur, cek kodisi motor secara menyeluruh  sebelum dan sesudah bepergian. Hal tersebut dapat menghindari masalah seperti mesin motor mati total dan akhirnya perjalanan kamu lancar tidak terganggu.

Mesin motor dapat berjalan dengan lancar jika semua komponennya berkerja dengan baik begitu pula sebaliknya mesin motor akan brebet bahkan mati total jika ada salah satu atau beberapa komponen mesin yang tidak bekerja dengan baik atau rusak. Jika kamu mendapati mesin motor kamu mati total (mogok) kamu dapat mengatasinya dengan cara dibawah ini.

Penyebab Motor Mati Total (Mogok) dan Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui cara mengatasi mesin motor yang mati total (mogok) alangkah baiknya kamu juga mengetahui penyebab yang terjadi dengan hal itu, simak dibawah ini:

1. Kompresi Mesin

Penyebab motor mati total dari Kompresi Mesin
Kompresi Mesin (motorblitz.com)

Tidak adanya Kompresi Mesin mengakibatkan tidak adanya tekanan dari dalam mesin yang digunakan untuk pembakaran dalam sirklus motor. Hal ini dapat mengakibatkan mesin motor mati total. Penyebab yang ada karena tidak ada Kompresi Mesin bisanya dari Klep mesin yang mengganjal atau juga ring atau piston (sher) yang tidak bekerja dengan baik.

Cara mengatasinya adalah kamu harus buka kepala silinder mesin dan cek apakah benar ada penyebab yang diakibatkan dari gagalnya kompresi mesin. Kendala dari kompresi mesin bisanya ditandai dari kick stater / engkol stater yang ringan “ngempos”. Jadi jika kamu kedapatan seperti itu kamu bisa cek pada bagian kepala silender mesin.

Baca juga : Penyebab Mesin Motor Brebet dan Cara Mengatasinya

2. Kelistrikan Motor

Jika kendala yang terjadi karena tidak adanya kelistrikan pada mesin, kamu bisa cek dari Kabel-kabel pengapian dan juga Busi. Yang harus kamu lakukan adalah cek pengapian pada Busi terlebih dahulu. Caranya kamu bisa posisi “ON” kan kunci kontak kemudian cabut Busi dari tempatnya dan engkol kick stater apakah ada percikan bunga api, jika ada berarti aman bahwa ada pengapian pada mesin, kemudian kamu bisa cek kondisi lainnya tapi jika pada busi tidak ada pengapian kamu bisa cek pada kabel-kabel arah kebusi, dari hal ini bisa menyebabkan mesin motor kamu mogok atau mati total.

Selain Kabel dan Busi untuk pengapian, penyebab mesin motor mati total bisa disebabkan dari kabel pada handle gas yang terdapat fasilitas Engine Stop (ON/OFF), dari komponen tersebut yang tidak normal baik rusak atau sekedar kotor bisa menyebabkan mesin motor mati total (tidak ada pengapian).

Penyebab motor mati total dari Engine Stop
Gambar Tombol “Engine-Stop (ON/OFF)”

Masih pada kelistrikan, yaitu komponen ACCU (aki), pada sepeda motor ber teknologi Full Injeksi, Accu adalah komponen utama pada mesin, jika daya pada Accu sudah tekor atau habis maka mesin motor tidak dapat di hidupkan baik melalui Stater maupun Kick stater, sehingga mesin pada Full Injeksi akan mati total. Berbeda dengan mesin konvensional (karburator) yang masih bisa hidup meskipun Accu telah habis dayanya. Jika kamu mengatasi hal demikian maka untuk menghidupkan mesin motor kembali kamu harus ganti Accu dengan yang bagus.

3. Bahan Bakar dan Salurannya

Dari penyebab Bahan bakar juga sangat mengkin menyebabkan mesin motor mati total (mogok), seperti :

  • Kehabisan bensin pada tangki motor menyebabkan seketika itu juga motor tidak hidup, karena sumber pengapian dan bahan bakar tidak ada sehingga menyebabkan motor mati total. Cara mengatasinya hanya tambahkan / isi tangki dengan bahan bakar yang biasa digunakan.
  • Jika pada lubang Ventilasi tutup tangki tersumbat oleh kotoran maka dapat menyebabkan mesin motor mati seketika, uap bensin atau udara bensin tidak dapat keluar melalui lubang tutup tangki. Cara mengatasinya buka tutup tangki dan bersihkan lubang ventilasi / pembuangan udara.
  • Kran pengaturan bahan bakar pada Karburator masih tertutup, biasanya kondisi ini terjadi setelah selesai perbaikan / service motor karena terlupa untuk membuka kembali kran bensin. Jika ini terjadi bisa menyebabkan mesin motor mati total baik saat kondisi motor berhenti atau saat lagi di gunakan. Cara mengatasinya cukup buka kembali kran bensin dari posisi Off ke posisi On.
  • Main Jet pada Karburator mampet
Penyebab motor mati total dari Main Jet dan Pilot Jet karburator
Source gambar : https://www.teknikotomotif.co.id/cara-setting-main-jet-dan-pilot-jet-karburator/

komponen ini dapat menyebabkan mesin motor mati total. Solusinya buka Karburator dan bersihkan dengan cairan bensin, rendam komponen main jes dan pilot jet dengan bensin kemudian bersihkan dengan kuas kecil lalu sesuadahnya semprot dengan angin.

Semoga poin-poin yang menyebabkan mesin motor mati total (mogok) ini dapat menjadikan solusi kamu.

Pencarian populer di automilenia.com :

Penyebab motor mio mcara memperbaiki motor mati totalMotor tiba-tiba mati totalbiaya perbaikan pengapian motor matic mati totalmotor karbu mati totalpenyebab motor matipenyebab motor mati tapi pengapian adapenyebab sepeda motor mati totalsepeda motor mati total