Penyebab motor tarikan kurang bertenaga

Penyebab Tarikan Motor Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Automilenia.com – Apakah sahabat Autolimenia pernah mengalami sepeda motor nya kurang tarikan dan tidak bertenaga saat berkendara? hal ini sangat menjengkelkan karena motor yang dibawanya jadi kurang maksimal dan tidak enak. Saat berkendara pastinya yang diharapkan adalah cepat sampai dan selamat sampai tujuan, tapi dengan kondisi tarikan motor yang kurang bertenaga menjadi kendala dalam hal kecepatan, sehingga untuk mencapai sebuah tujuanpun akan semakin lama, belum lagi adanya rasa was-was jika hal tersebut mengakibatkan motor menjadi mogok, bisa semakin memperparah keadaan saja. Untuk menghindari hal tersebut, simak terus artikel ini sampai tuntas bagaimana penyebab yang terjadi pada tarikan motor yang kurang tenaga dan dijelaskan pula cara mengatasinya.

Penyebab Tarikan Motor Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Penyebab motor tarikan kurang bertenaga

Dibawah ini beberapa penyebab yang sering terjadi jika motor kamu kurang tarikan, antara lain:

1. Kabel Gas

Periksa apakah kabel gas motor kamu yang menyebabkan tarikan motor kurang tenaga, karena dengan kendor atau setelan kabel gas yang kurang pas bisa menyebabkan tarikan gas jadi kurang baik. Terkadang handel gas yang sudah tidak baik atau tidak standar bisa menyebankan gas tidak spontan, gas tidak mau turun dengan baik/lambat, begitu juga dengan naik nya gas. Hal ini segeralah untuk membetulkan kabel dan handel gas yang sudah rusak, jika diperlukan  untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Karburator

Karburator adalah komponen utama dalam sepeda motor, jika komponen ini kurang baik maka kinerja motor juga akan kurang maksimal. Lakukan service Karburator secara bekala untuk selalu menjaga kebersihan dan setingan nya yang tepat.

Jika tarikan motor kamu kurang bertenaga bisa disebabkan dari komponen Karburator, jika benar, coba setting ulang pin udara dan bensin pada Karburator untuk menghasilkan suara mesin yang langsam sebelum membongkarnya lebih jauh. Jika settingan sudah sesuai tetapi tarikan berasa masih sedikit tenaga, maka coba bongkar Karburator dan bersihkan, kemungkinan dalam Karburator sudah kotor atau ada kotoran yang mengganjal.

Karburatar komponen yang harus selalu bersih dan terawat untuk kinerja mesin motor, jika tidak ya pasti peforma mesin akan kurang maksimal.

Baca juga : Penyebab Motor Boros Bensin (bahan bakar) dan Cara Mengatasinya

3. Saringan Udara

Selain penyebab diatas komponen ini juga bisa menyebabkan kurangnya tarikan motor, karena Filter / saringan udara yang sudah berdebu tebal dan kotor sangat menggangu sirkulasi masuknya udara yang bersih. Jika udara yang diharapkan masuk ke ruang mesin terganggu maka alhasil kinerja dan peforma mesin juga akan terganggu, bisa jadi tarikan akan menurun (ngadat) bahkan bisa menjadi mesin mogok.

Pentingnya komponen ini sehingga harus dilakukan pembersihakan saringan udara secara berkala, dan jika diperlukan untuk penggantian maka segera ganti dengan yang baru.

4. Piston / Seher (kompresi mesin)

Jika analisa tarikan motor kurang bertenaga karena Kompresi mesin / Piston yang kurang maksimal, maka hal yang perlu dilakukan adalah membongkar silinder mesin, dan ini perlu waktu kerja yang tidak cepat, sehingga pastikan dahulu bahwa penyebab ini benar-benar dari area mesin.

Jika Piston sudah gosong maka kompresi mesin akan ngempos dan kinerja mesin tidak maksimal, indikasi ini bisa terlihat pada asap knalpot yang pekat atau hitam. Selain pada Piston bisa juga terjadi pada Ring Piston yang sudah aus.

Cara mengatasi hal tersebut adalah buka kepala silinder mesin cek dari Ring Piston, Piston, Leher Piston dan Ruang Silinder apakah ada gosong, lecet atau goresan. Ganti komponen tersebut jika terjadi kerusakan. Jika silinder lecet yang perlu dilakukan adalah BoreUP mesin.

5. Busi

Jika Busi motor kamu sudah kotor pasti efek dari itu adalah suara motor brebet dan tarikan gas pun ikut tidak stabil sehingga tenaga motor menjadi ngempos. Dengan kondisi ini disarankan untuk membuka tutup Busi dan keluarkan Busi dari tempatnya kemudian bersihkan.

Bersihkan Busi dengan kain kering dan gunakan sikat atau aplas halus untuk hasil yang lebih baik. Perhatikan juga kerenggangan jarak pengapian busi, usahakan pada jarak yang standar yaitu antara 0.6 – 0 .8 mm. Jika diukur sudah melebihi jarak standar coba kamu kembalikan kembali ke ukuran standarnya dengan mengetuk secara perlahan ujung kepala Busi.

Jika didapati Busi sudah terlampau kotor dan rusak sebaiknya ganti busi dengan yang baru dan sesuai dengan ukuran daya motor kamu.

Baca juga : Ini Penyebabnya Jika Motor Ngebul dan Cara Mengatasinya

6. Kampas Kopling

Kampas kopling berada pada dalam blok mesin, sehingga untuk pengecekan dan penggantian kamu harus melakukan turun mesin. Sebelum melakukan hal ini, dipastikan komponen ini adalah benar-benar penyebab dari tarikan motor yang kurang tenaga sehingga tidak membuang-buang waktu dan tenaga kamu.

Kampas kompling yang sudah kena atau aus, membuat operan gigi dalam kurang mengigit, sehingga tarikan dan tenaga motor kamu kurang maksimal. Cara mengatasinya yaitu mengganti Kampas kopling dengan yang baru.

7. Knalpot

Perhatikan jika kamu menggunakan Knalpot bukan standar dari motor aslinya, jika kamu sudah merubah komponen yang buka bawaanya maka kamu harus menyetel semua komponen pendukung lainnya, seperti setelan Karburator.

Knalpot Racing memerlukan daya / pengapian yang lebih tinggi dari Knalpot biasa sehingga kamu perlu setel ulang semua komponen lainnya, hal ini yang sering disepelekan oleh orang awam sehingga tarikan motor pun berasa tidak bertenaga. Cara mengatasinya yaitu setel ulang semua komponen pendukung yang di jelaskan diatas, atau jika kamu tidak mau menyetel ulang ya kembalikan Knalpot racing dengan yang standar nya.

8. Bahan Bakar (bensin)

Bensin juga perlu kamu waspadai jika terjadi ngadat atau tarikan motor kurang tenaga. Kenapa bensin juga menjadi penyebabnya? iya, nilai Oktan yang rendah. Jika motor kamu mempunyai kapasitas mesin ber CC besar maka nilai Oktan yang direkomendasikan harus tinggi, jangan menggunakan Oktan yang bernilai kecil, karena efeknya tarikan motor akan tidak stabil.

Mungkin poin-poin diatas sudah mewakili beberapa penyebab tarikan motor bisa kurang bertenaga, semoga mengatasi masalah dari motor kamu.

Pencarian populer di automilenia.com :

penyebab jupiter mx kurang tenagaPenyebab motor kurang tarikanpenyebab nafas sepeda motor pendekpenyebab motor tidak bertenagatarikan jupiter z beratmotor kurang bertenagaknapa motor vixion tenaga kurangmotor tidak bertenagamengatasi motor grand tarikan awal gak adamotor tidak ada tenaga