Penyebab Motor Hilang Kompresi

Penyebab Motor Hilang Kompresi dan Cara Mengembalikannya

Automilenia.com – Sangat beragam penyakit dari sepeda motor, sehingga mengakibatkan motor mogok atau sulit untuk di hidupkan, salah satunya motor yang hilang kompresi sehingga mesin tidak mau bunyi. Jika kamu pada kondisi seperti ini sebaiknya jangan terlalu panik, karena kondisi ini sering terjadi oleh para Bikers dan ini bisa terjadi dimana saja dan oleh siapa saja. Ciri-ciri penyebab mesin motor hilang kompresi adalah :

  • Motor tidak bisa dihidupkan meskipun pengapian normal.
  • Engkol / Kick Stater akan berasa ringan saat dilakukan pengengkolan, terjadi karena tidak ada proses kompresi didalam mesin.

Penyebab Motor Hilang Kompresi dan Cara Mengembalikannya

Penyebab Motor Hilang Kompresi

1. Klep Mesin

Klep didalam silinder mesin bekerja sangat akurat dan ontime, tidak boleh salah dikit dan lelet dikit, karena kerja mereka harus bersamaan dengan komponen lainnya seperti Piston. Klep mesin dituntut untuk selalu baik, jika tidak baik maka yang terjadi bisa mengakibatkan hilangnya Kompresi motor.

Klep didalam mesin biasa sepeda motor terdapat 2 buah, yaitu satu untuk klep udara sedangkan yang satu untuk bahan bakar, mereka bekerja secara bersamaan membuka dan menutup. Klep Membuka ketika pergerakan engkol Piston kebawah karena sirkulasi udara dan bahan bakar masuk kedalam ruang bakar, kemudian engkol bergerak keatas dengan mendorong Klep sampai dengan menutup rapat dan terjadi pembakaran. Pergerakan ini konstan dan konsisten setiap detik bahkan mili detik, jika ada salah satu dari komponen ini yang bekerja tidak semestinya maka dipastikan mesin motor akan terdapat masalah, seperti masalah hilang kompresi ini.

Baca juga : Penyebab Tarikan Motor Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Misalkan Klep yang sudah aus atau terganjal atau pemasangan yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan rongga / sela terbuka pada ruang pembakaran, maka lama-kelamaan akan menimbulkan turunnya daya kompresi dan pada masanya akan hilang kompresi.

Cara mengatasinya yaitu buka blok mesin (turun mesin) kemudian cek dan setel Klep jika kurang memungkinkan diharapkan untuk ganti Klep dengan yang baru dan pastikan pemasangan tidak terbalik dan sempurna.

2. Packing Mesin

Packing mesin yang rusak juga bisa menyebabkan motor hilang kompresi, terutama paking mesin yang berada pada tengah-tengah pertemuan antara kepala silinder dengan blok mesin. Karena Packing mesin yang rusak maka ada kebocoran udara / oli dari luar terhadap ruang pembakaran, hal ini bisa menyebabkan hilangnya daya tekan (kompresi).

Cara mengembalikannya yaitu dengan membongkar mesin (turun mesin) kemudian buka antara kepala silinder dengan blok mesin, kemudian setel ulang atau ganti Packing dengan yang baru. Perhatikan ketika memasang Packing mesin agar pada posisi rapat sempurna, sehingga tidak ada lagi kebocoran.

Baca juga : Penyebab Motor Boros Bensin dan Cara Mengatasinya

3. Ring Piston

Ring piston yang sudah rusak /aus / melar tidak standar lagi, bisa menyebabkan terjadinya motor hilang kompresi, karena suhu tekanan tinggi yang dihasilkan dari proses pembakaran didalam mesin akan bocor keluar lewat Ring piston tersebut. Sehingga daya tekan / kompresi akan ngempos tidak ada tenaga.

Cara mengatasi jika Ring piston sudah aus dan menyebabkan terjadinya hilang kompresi adalah dengan membuka kepala silider kemudian mengganti Ring seher dengan yang baru. Kemudian uji coba dengan menggunakan Kick Stater / engkol jika terasa berat dan ada tekanan maka penyebab dari Ring seher adalah benar.

Pertolongan Pertama Jika Motor Hilang Kompresi

Untuk pertolongan pertama pada motor yang hilang kompresi sangat mudah, sehingga kamu tidak perlu panik, lakukan cara ini :

  • Buka Busi dari lubangnya
  • Masukkan oli sedikit saja ke lubang Busi, bermaksud untuk melumasi Ring piston didalam ruang pembakaran agar tekanan kompresi balik lagi ke semula, tidak mengecil.

Jika sudah diberi pelumasan, uji coba dengan mengengkol Kick Stater sampai kompresi normal kembali, tapi jika sudah dilakukan masih tetap tidak ada kompresi maka kemungkinan lain seperti poin nomer 1 dan 2 bisa terjadi. Hal yang perlu dilakukan adalah membongkar mesin (turun mesin) untuk pengecekan lebih lanjut.

Semoga informasi Penyebab Motor Hilang Kompresi dan Cara Mengembalikannya bermanfaat dan menjadikan motor kamu normal kembali.

Pencarian populer di automilenia.com :

cara perbaiki motor beatcara mengembalikan kompresi yang hilangcara menghidupkan motor hilang kompresihilang kompresi gl 100Astrea grand tidak ada kompresicara bentul in kompres vega zrCara kembalikan kompresi motorvega r tidak ad kompresicara membuka kompresi honda supra fitCara mengatasi motor hilang kompresi